Sabtu, 05 Mei 2012

Wisata Sejarah di Museum Negeri Mpu Tantular


Pintu Gerbang Museum
Sabtu (05/05) siang, saya berkunjung ke Museum Negeri Mpu Tantular Sidoarjo. Lokasi Museum sedikit terpencil sehingga membuat saya sedikit kelimpungan mencarinya. Sempat nyasar juga, karena saya belum pernah kesana sebelumnya.

Bertempat di Jalan Raya Buduran - Jembatan Layang, Sidoarjo, Museum tersebut menyuguhkan berbagai koleksi didalamnya. Diantaranya koleksi emas, koleksi etnografi, koleksi geologi dan biologi, koleksi historika dan teknologi, koleksi keramologi, koleksi numismatik, koleksi filologi, koleksi senirupa, dan koleksi arkeologi.

Gedung Pameran Museum Mpu Tantular
Patung di Museum Mpu Tantular
Harga tiket masuk ke museum sangatlah murah, hanya dengan merogoh kocek Rp 2.000 untuk dewasa, dan Rp 1.500 untuk anak-anak (perorangan). Sedangkan untuk rombongan (minimal 10 orang), harga lebih murah lagi, Rp 1.500 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak.

Jadwal buka museum tiap hari Selasa hingga Minggu. Hari Senin dan Hari Libur Nasional, museum ditutup tetapi kantor tetap buka. Jam buka museum tidak cukup lama, antara pukul 08.00-15.00 di hari Selasa hingga Kamis. 08.00-14.00 di hari Jumat, 08.00-12.30 dihari Sabtu, dan 08.00-13.30 dihari Minggu.

Menurut saya, letak museum yang kurang strategis, membuat museum sepi dari pengunjung. Seharusnya pihak pengelola lebih gencar lagi memasarkan museum tersebut. Karena museum tidak hanya menjadi bukti kebesaran bangsa, namun juga sebagai jendela budaya dan teknologi.(pch)

6 komentar:

  1. kita sama sama ke museum ce -.- bedanya museumku TOSAN :p kapan2 anterin ke mpu tatular ini deh :)

    BalasHapus
  2. hahaha kalo di Suroboyo ada tuh gedung TOSAN. boleh2 murah meriah loh hehehe. awale aku nyasar gara-gara lokasie muter bawah jembatan layang

    BalasHapus
  3. Ini museumnya sepi banget, aku pernah kesana buat pentas. Pengunjungnya rata - rata anak tk. Kayaknya perlu ada pembaharuan ddeh di tempat itu. tempatnya nyempil banget juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa ish bener bangeeeet, waktu aku kesana suepiiiiii banget. padahal harganya cukup murah loh. Tapi tempat yang nyempil dan kurangnya promosi kayaknya jadi sebab museum ini sepi.

      Hapus
  4. wah aku cuma sekali masuk sana :| banyak isinya ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga museum, pasti banyak isinya benda-benda bersejarah hehehe.

      Hapus