Jumat, 04 Mei 2012

Kenali Sidoarjo Lebih Dekat


Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur, Indonesia. Sidoarjo berbatasan dengan kota dimana saya tinggal, Surabaya dan Gresik disebelah utara, Selat madura disebelah timur, Pasuruan disebelah Selatan, dan Mojokerto disebelah barat. Sidoarjo dikenal dengan sebutan Kota Delta, karena berada di antara dua sungai besar pecahan Kali Brantas, yakni Kali Mas dan Kali Porong.

Ketika saya berjalan-jalan di Sidoarjo, Jumat (04/05) siang banyak sekali logo ikan dan udang di jalanan. Logo inilah yang menunjukkan bahwa Udang dan Bandeng merupakan komoditi perikanan yang utama dari Sidoarjo. Tidak hanya dikenal sebagai Kota Delta, Sidoarjo juga dikenal sebagai Kota Petis. Dan yang menjadi makanan khasnya, Kupang Lontong dan Bandeng Presto. Sedangkan Oleh-oleh makanan khasnya, Bandeng Asap dan Kerupuk Udang.

Sektor industri kecil juga berkembang cukup baik di kota ini, diantaranya sentra industri kerajinan tas dan koper di Tanggulangin, sentra industri sandal dan sepatu di Wedoro-Waru, dan Tebel-Gedangan, sentra industri kerupuk di Telasih Tulangan. Letaknya yang strategis, dekat dengan pelabuhan Tanjung Perak, dan Bandar Udara Juanda, membuat para investor tak segan untuk menanamkan modal dikota ini.

Sidoarjo memiliki 18 Kecamatan, yakni Balongbendo, Buduran, Candi, Gedangan, Jabon, Krembung, Krian, Porosng, Prambon, Sedati, Sidoarjo, Sukodono, Taman, Tanggulangin, Tarik, dan Tulangan. Dengan luas daerah 591,59 Kilometer Persegi. Menurut data survei penduduk tahun 2003, total penduduk Sidoarjo 1.682.000 jiwa. Ingin mengetahui info-info mengenai Sidoarjo? klik disini.(pch)

2 komentar: